Sunday 29 December 2013

Manfaat dari Jejaring Sosial Instagram

Instagram
Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui apa arti dari instagram itu sendiri, maka saya akan jelaskan apa arti dari instagram itu sendiri. Intagram android sendiri ialah sebuah aplikasi handphone maupun smartphone yangb berbasis adndroid, selain itu intagram juga merupakan aplikasi yang berguna untuk mengambil suatu foto,  mengelola foto, mengedit foto, memberi efek  filter pada foto serta membagikan foto tersebut kesemua orang yang mempunyai intagram itu sendiri.
Aplikasi instagram sendiri  dimiliki oleh Facebook sejak tanggal 9 April 2012 dan sangatlah populer di kalangan pengguna handphone maupun smartphone yang bersistem operasi Android. Sebelum disediakanya aplikasi Instagram untuk Android, Instagram hanya bisa di gunakan di IOS, tetapi Androidlah yang sangat mempengaruhi kepopuleran Instagram itu sendiri.
Kembali mengenai arti Instagram itu sendiri, instagram yang sebenarnya terdiri dari dua buah suku kata Insta dan Gram. Insta berasal dari kata "Instan”, dahulu foto instan ialah sebutan lain dari polaroid. Layaknya kamera polaroid, instagram pula bisa menghasilkan foto-foto secara instan. Namun untuk kata “Gram” itu sendri berasal dari kata “telegram” .  Telegram itu sendiri berfungsi sebagai pengirim informasi yang cepat. Begitu juga Instagram, melalui aplikasi ini kita dapat mengupload foto dan membagikannya ke masyarakat umum memlalui internet yang mmeyediakan informasi secara cepat
Manfaat dan Tips Menggunakan Instagram
Seperti yang telah jelaskan di atas tadi jejaring sosial ini (Instagram) sama dengan jejaring sosial lainnya, namun jejaring sosial ini lebih memfokuskan kepada foto ataupun pengeditan foto. Instagram juga suatu jejaring sosial yang dapat digunakan sebagi salah satu wadah penyaluran bagi orang-orang yang memiliki minat tentang foto. Sisi positif kita menggunakan jejaring sosial Instagram ini ialah bisa membantu bagi kita yang senang mengabadikan moment ataupun peristiwa disekeliling kita memlalui foto, ini juga bermanfaat bagi kita untuk menuangkan ide kreatif memalui foto ataupun mungkin sebagai media promosi dan informasi.  Karena mengandalkan media visual tentu akan sangat bermanfaat dalam mencari suatu informasi. Namun sama seperti jejaring sosial lainnya efek negatifnya ialah aplikasi ini dapat membuat pemakainya ini menjadi kecanduan.
Selain itu aplikasi yang satu ini  berbeda dengan aplikasi pengeditan foto lainnya yang terdapat pada internet kebanyakan. Banyak orang menggunakannya karena selain mudah menggunakannnya terdapat banyak efek tambahan. Efek tersebut dapat memanipulasi wajah menjdai beda dari aslinya, meski demikian, ada dampak yang positif juga yang dimbulkan yaitu kita dapat merubah foto kita menjadi lebih bagus. Tambahanya kita bisa menshare foto instagram ke facebook ataupun twitter dengan satu langkah yang mudah. Kita juga bisa menjadi suatu netwaork dengan semua teman yang ada di dalam instagram itu sendiri. Apalagi dengan hadirkan fitur baru yang terdapat pada instagram yaitu Direct message yang memungkinkan kita berbagi foto maupun text secara pribadi tanpa diketahui hal layak luas yang menggunakan instagram lainnya. Contohnya ketika kita ingin membagi suatu foto hanya kepada beberapa orang saja, kita dapat menggunakan fitur yang satu ini. Tetapi  Dampak negatif dengan menggunakan instagram ini, kita dapat memanipulasi orang yang melihatnya pula.
Sebagai suatu aplikasi di media sosial instagram banyak memiliki manfaat dan kelebihannya, tetapi juga mempunyai suatu dampak yang buruk pula. Berikut ialah beberapa tips menggunakan instagram dengan bijak seperti tidak terlalu berlebihan dalam menggunakan instagram, hindari memenuhi jejaring sosial ini dengan photo feed, tidak terlalu sering narsis, buatlah suatu percakapan. Walaupun dasat jejaring sosial ini adalah sebuah aplikasi untuk memudahkan kita dalam berkreasi foto, dan ini bukan berarti kita tidak dapat melakukan percakapan ataupun menutup diri. Dan yang lebih penting dalam memandaatkan instagram yang baik ialah berkreasilah dengan menggunakan kamera ponsel bukan DSLR.
Instagram untuk bisnis
Dengan instagram pula kita dapat melakukan suatu bisnis, usaha, jasa ataupun produk yang kita inginkan dipromosikan lewat media jejaring sosial ini, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk menjalankan suatu bisnis dengan jejaring sosial Instagram:
·         Menunjukkan suatu produk
Dengan instagram ini kita dapat menunjukan suatu produk barang yang akan kita jual kepada peminatnya. Dengan cara menunjukkan koleksi foto dari suatu barang produk yang kita miliki di instagram membuat para follower kita melakukan suatu windows shopping. Dengan cara  bagikan foto dari barang terbaru dan koleksi lama yang kita miliki untuk di posting dalam instagram.
·         Menunjukkan bagaimana cara membuatnya

Yang paling menyenangkan sebenarnya ialah melihat bagaimana cara dan proses produk itu dibuat. Berikan followers kita dengan gambar-gambar saat barang itu di buat, tidak perlu terlalu detail karena tujuan dari ini hanyalah memberi pengetahuan pembuatan kepada konsumen. Kita juga bisa membuat kumpulan foto dari sejak perencanaan hingga pengiriman barang melalui instagram.

·         Pembuatan di balik layar dari suatu produk
Mempersiapkan suatu peluncuran promosi dan pelayanan produk merupakan suatu kerja keras yang harus kita hargai. Tapi akan lebih berkean jika hal tersebut bisa jadi suatu konten di dalam instagram kita. Dengan membagikan foto saat sedang melakukan pemotretan untuk suatu ikalan, pembuatn iklan komersil, ketika wawancara ataupun saat akan diluncurkan dengan begitu akan memudahkan konsumen yang membeli produk kita akan lebih terkesan dengan kerja keras kita sebelumnya.
·         Menunjukkan Fungsi dari suatu Produk
Dengan instagram kita dapat membuat calon konsumen tahu apa saja kegunaan dari produk atau jasa yang kita tawarkan dengan memposting foto produk di dalam instagram. Kita juga dapat mengundang para pemakai jasa kita untuk membagikan foto saat memakai produk kita tersebut.

·         Memberikan Cuplikan Produk

Dengan memberikan cuplikan pembuatan yang belum pernah dipublikasikan atau setidaknya di umumkan saat membuka toko  akan membuat para pelanggan di instagram kita senang ketika mereka tahu bahwa merekalah yang mengetahui pertama kalinya informasi tentang produk yang kita jual.


·         Menunjukkan Kantor

Suatu konsumen yang mengikuti sebuah brand favorit mereka di media sosial terkdang bertanya seperti apakah kantor tempat pembuatan produk tersebut. Maka dengan instagram mempermudah kita dalam mengambil foto-foto mengenai keseharian di dalam kantor kita seperti tempat kita melakukan pekerjaan kita, tempat olahraga, tempat rapat dan ruang makan.

No comments:

Post a Comment