Monday 8 October 2012

Penghantar Ilmu Sosial Dasar




Hakikat dan Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar

A. Pengertian ilmu sosial dasar
Ilmu sosial dasar (ISD) adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan  oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan teori-teori yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam bidang lapangan ilmu-ilmu sosial. Contoh : Geografi Sosial, Astropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi sosial dan Sejarah.
Ilmu sosial dasar merupakan suatu usaha yang diharapkan memberikan suatu pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran masyarakat Indonesia dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga kepekaan masyarakat Indonesia pada lingkungan sosialnya menjadi jauh lebih besar.


B. Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar

Materi Ilmu Sosial Dasar dapat disimpulkan atas tiga golongan yaitu:

Kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat yang secara bersamaan merupakan masalah sosial tertentu.
Konsep sosial atau pengertian tentang kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar yang sangat di perlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
Masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam kenyataa-kenyataan sosial yang antara satu dengan yang lain saling berkaitan.

Berdasarkan ruang lingkup diatas ilmu sosial dasar  meliputi ruang lingkup masyarakat dan lembaga-lembaga sosial, yang kemudian akan mempelajari dan membahas tentang beberapa komponen-komponen yang terjadi didalam masyarakat, seperti:

Mempelajari adanya berbagai masalah kependudukan dan hubungan dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
Mempelajari adanya masalah individu dan masyarakat
Menkaji adanya masalah kependudukan dan sosialisasi.
Mempelajari hubungan antara warga Negara dan Negara.
Mempelajari hubungan antara pelapisan sosial dan persamaan derajat.
Mempelajari masalah yang dihadapi masyarakat pedesaan.


Ilmu Sosial Dasar sebagai mata kuliah berkehidupan bermasyarakat dan pendidikan umum


C. Ilmu Sosial Dasar sebagai berkehidupan bermasyarakat

Ilmu Sosial Dasar sebagai berkehidupan bermasyarakat bertujuan untuk:

Agar kita bisa bersosialisasi (menyesuaikan diri) dengan baik di kehidupan sekitar kita.
Membuat kita dapat aktif di tengah-tengah lingkungan kita saat ini maupun di massa yang akan datang nanti.
Membuat seseorang menjadi manusia yang berdisiplin dan lebih berfikir dewasa.
Membuat kita menjadi lebih peka dengan kehidupan bermasyarakat di sekitar kita.


D. Ilmu Sosial Dasar sebagai mata kuliah pendidikan umum

Ilmu Sosial Dasar sebagai mata kuliah pendidikan umum bertujuan untuk:
Sebagai usaha membantu perkembangan kepribadian mahasiswa agar mampu berperan sebagai anggota masyarakat dan bangsa serta agama.
Untuk menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah-masalah dan kenyataan-kenyataan sosial yang timbul di dalam masyarakat Indonesia.
Memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa agar mereka mampu berfikir secara interdisipliner, dan mampu memahami pikiran para ahli berbagai ilmu pengetahuan, sehingga dengan demikian memudahkan mereka berkomunikasi.


Ilmu Sosial Dasar sebagai alternatif pemecahan masalah Sosial Budaya

Dengan kita mempelajari Ilmu Sosial Dasar, kita bisa memecahkan masalah-masalah Sosial Budaya, dengan cara kenali dahulu permasalahan yang terjadi dalam suatu budaya atau adat istiadat tersebut dengan baik, baru setelah itu kita dapat menyelesaikan masalah yang terjadi tersebut dengan cara damai, bermusyawarah mencari jalan keluar yang terbaik untuk masalah tersebut. Dalam hal ini Ilmu Sosial Dasar diperlukan. Contoh : ketika terdapat dua suku yang berbeda saling bertikai karena mempertahankan adat istiadat budaya leluhurnya. Kita bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan cara pengetahuan Ilmu Sosial Dasar kita, yaitu memberitahu kepada kedua suku tersebut bahwa yang mereka lakukan itu salah dan masih ada jalan keluar untuk menyelesaikan masalah tersebut selain berperang. Dari hal tersebut kita bisa mengambil hikmah bahwa berfikir secara rasional dan dewasa, serta sikap yang luwes terhadap masalah yang kita hadapi dapat menyelesaikan masalah tersebut, itu termasuk dari pelajaran Ilmu Sosial Dasar yang peka terhadap masalah yang sedang terjadi pada masyarakat sosial.


Perbedaan Ilmu Sosial Dasar dengan Ilmu budaya dasar

Perbedaan Ilmu sosial dasr dengan ilmu budaya dasar, dibedakan menjadi 2 yaitu pengertian dan tujuannya.

E. Perbedaan menurut pengertiannya

Telah kita bahas di atas tadi tentang pengertian dari Ilmu Sosial Dasar. Untuk mengingatkan kita kembali tentang pengertian Ilmu Sosial Dasar, saya akan menjelaskan lagi, apa yang di maksud dengan Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan  oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan teori-teori yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam bidang lapangan ilmu-ilmu sosial. Sedangkan pengertian dari Ilmu Budaya Dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang dasar-dasar kebudayaan. Itulah perbedaan Ilmu Sosial Dasar dengan Ilmu Budaya Dasar menurut pengertiannya.

F. Perbedaan menurut tujuannya

Perbedaan Ilmu Sosial Dasar dengan Ilmu Budaya Dasar menurut tujuannya yaitu, Ilmu Sosial Dasar yang inti dari tujuannya adalah lebih mengacu kepada sikap dan tingkahlaku kita dalam berkehidupan sosial di masyarakat dan untuk memecahkan masalah-masalah yang terjadi dalam kehidupan bersosialisasi kita. Sedangkan  Ilmu Budaya Dasar bertujuan lebih spesifik terhadap mengenal lebih dalam tentang budayanya (sendiri) dan juga bertujuan untuk menghargai dari budaya adat istiadat dari budaya asing. Itulah perbedaan Ilmu Sosial Dasar dengan Ilmu Budaya Dasar menurut tujuannya.

SUMBER :
http://yunipr91.blogspot.com/2010/04/apa-itu-ilmu-sosial-dan-budaya-dasar.html
http://sulfikar.com/ilmu-sosial-dasar-defenisi-kuliah-i.html
http://mlikq.blogspot.com/2012/03/ilmu-budaya-dasar-sebagai-salah-satu.html











No comments:

Post a Comment