Sunday 29 March 2015

Teknik Pencahayaan pada moddeling Grafik Komputer 2



3IA01
Kelompok

Grafik Komputer 2 (Pencahayaan)
Pada kesempatan kali ini kelompok kami akan menjelaskan bagaimana teknik pencahayaan dalam suatu konsep moddeling yang menggunakan media aplikasi blender. Disini kelompok kami akan memberikan sebanyak tiga gambar yang sama dengan sudut pandang yang sama pula, tetapi mempunyai efek pencahayaan yang berbeda-beda.
Gambar yang kami gunakan adalah beberapa objeck gambar yang terdiri dari lantai ,kursi , meja, lampu belajar, rak buku , buku dan satu buah jendela yang terletak pada sudut ruangan. Dimana tata letaknya kami taruh di satu sudut ruangan dengan meja, kursi, lampu, dan rak di taruh pada satu sisi ruangan yang sama. Sedangkan jendela ditempatkan pada sisi yang berlawanan serta menghadap ke arah benda yang berbeda sisinya. Contoh pada gambar 1.1 , gambar 1.2 , dan gambar 1.3.
Teknik Spotlight
                                Gambar 1.1



Pada gambar yang pertama ini gambar 1.1 kami menerapkan teknik pencahayaan spotlight. Dimana jika kita memberikan pencahayaan spotlight maka akan memeberikan teknik pencahayaan pada satu titik yang akan menyebar hanya ke sebagian area saja.
Dapat terlihat dari gambar 1.1 dengan menggunakan teknik spotlight yang di tempatkan dari luar area atau sisi ruangan (lebih tepatnya dari luar jendela gambar 1.1). mengakibatkan model gambar hanya mendapatkan cahaya dari titik lubang jendela. Sedangkan area yang lain dari gambar tersebut terlihat hanya redup saja. Dan jatuhnya cahaya mengikuti dari tempat sisi jendela berada, jika dilihat dari gambar tersebut bayangan pada benda-benda jatuh ke arah kanan. Dikarenakan datangnya cahaya dari sisi sebelah kiri jendela. Efek pencahayaan ini cocok untuk digunakan saat mendeskripsikan kedaan di pagi hari terbitnya sinar matahari yang melewati celah –celah kecil jendela. Spothlight sering digunakan karena bisa dikontrol dan diatur dengan maksimal, dapat mengatur arah, tingkat kehalusan cahaya, decay san attenuation.

Teknik Pointlight
Gambar 1.2

Selanjutnya pada gambar kedua yaitu gambar 1.2 kami menerapkan teknik pencahayaan pointlight di ambil dari sudut pandang sisi atas ruangan. Kenapa kami tempatkan efek pencahayaan pointlight ini di atas ruangan ?. Dikarenakan teknik ini sendiri akan menyorot dari satu titik  dan akan menyebar ke        segala ruangan. Dengan demikian efek ini sangat cocok kami terapkan sebagai lampu yang menyebar ke segala ruangan. Berbeda dengan gambar 1.1 , pada gambar 1.2 ini cahaya yang timbulkan terang benderang ke segala ruangan. Dan bayangan yang dihasilkan jatuh tepat di bawah benda yang menghasilan bayangan tersebut.  Warna yang dihasilkan pun lebih jernih dibandingkan gambar 1.1 efek pointlight ini cocok digunakan untuk pendeskripsian dari suatu desain interior suatu ruangan yang akan lebih menjelaskan detail dari moddeling tersebut.

Teknik Spot
Gambar 1.3

Menggunakan pencahayaan spot dari arah kamera dengan ukuran yang lebih kecil dan terpusat. Sehingga memberikan efek cahaya yang melingkar terpusat ke satu arah. Efek ini sama seperti kita menggunakan sebuah teropong untuk melihat object dari moddeling ruangan ini.